Sistem Operasi Mobile


Pada kali ini kita akan membahas suatu perangkat lunak yaitu sistem operasi mobile . Pada dasarnya sistem operasi mobile ini hampir sama dengan sistem operasi laptop tetapi untuk kegunaan dia berbeda. Sistem operasi mobile ini digunakan untuk mobile atau bisa juga di bilang seperti android .Sistem operasi mobile adalah sistem atau software utama yang melakukan manajemen dan  kontrol terhadap hardware secara langsung serta manajemen dan mengontrol software software lain sehingga software yang lain tersebut dapat berkerja.

Jadi sistem operasi mobile ini gunanya bertanggung jawab terhadap dalam mengoperasikan fungsi dan fitur yang tersedia dalam perangkat ponsel atau android. Fitur yang tersedia itu seperti schedulling task, keyboard,WAP, email,teks message , sinkronisasi terhadap aplikasi satu dengan aplikasi lainnya , serta camera, musik dan mengontrol fitur fitur lainnya.

Selain itu sistem operasi mobile yang diciptakan harus juga fleksibel , ini dikarena jika ada aplikasi aplikasi terbaru yang keluar , maka ponsel yang memakai sistem operasi mobile tersebut dapat menerima aplikasi dengan mudah .

Maka sebab itu dizaman milenial sekarang banyak sekali perusahaan perusahaan yang berlomba lomba untuk mengembangkan dan memasarkan produk pruduk dengan menciptakan fungsi fungsi dan teknologi yang dapat memanjakan pengguna smartphone terebut.

Contoh sistem operasi mobile itu banyak sekali , tetapi yang pernah populer dipakai itu adalah :
1.Android
2.IOS
3.Blackberry
4. Windows Phone
5.Symbian
6.Bada OS
7.Maemo OS
8.MeeGO OS
9.Open web OS
10Palm OS

Karena pada postingan kali ini kita membahas tentang sistem operasi mobile , maka kesempatan kali ini juga saya akan memberikan tutorial cara untuk menginstall sistem operasi mobile android x86 menggunakan virtual box .Baiklah,biar tidak kelamaan langsung saja kita ke tutorial nya,

1,Pilih Installation – Install Android-x86 to harddisk.

2.Setelah itu kita memerlukan partisi untuk sistem Android, pilih Create/Modify partitions. Enter.


3.Lalu klik “No”


4.Setelah itu akan masuk ke menu Partition Android. Pilih New tekan Enter untuk membuat partisi baru di free space yang tersedia. (gunakan tombol kanan kiri pada keyboard untuk memilih)



5.Pilih Primary dan tekan Enter, tekan enter lagi untuk menggunakan semua alokasi partisi yang tersedia.


6.Pada tampilan ini , langsung saja klik Enter.


7.Setelah selesai membuat partisi, jangan lupa pilih Bootable agar partisi dalam mode bootable, kemudian pilih Write dan tekan Enter.


8.Lalu akan keluar pertanyaan konfirmasi seperti ini , maka ketik yes dan tekan Enter.

9.Maka akan memproses Write. Setelah itu akan kembali ketampilan sebelumnya  , pilih Quit .

10.Langsung saja pilih OK dan klik Enter.


11.Sda1Partition, Pilih ext4 file system, dan pilih OK lalu klik Enter.


12.Tampilan selanjutnya langsung saja pilih Yes dan Klik Enter.

13. Jika muncul pilihan install GRUB bootloader pilih Yes dan Klik Enter


14.Tekan Yes lagi untuk install direktori  atau system menjadi read-write.

15.Pilih Run Android – X86 dan klik Enter.


16.Maka tampilan akan menjadi seperti ini , tunggu lah sebentar.


17. Lalu akan keluar tampilan memilih bahasa  yang diinginkan lalu klik start. Pada pilihan memasukan wifi maka klik saja Skip . Lalu anda akan disuruh memasukkan data dan time .


18.Tampilan selanjutnya masukkan nama , lalu klik next.


19.Selanjutnya klik saja I AGREE.


20.Klik saja No Thanks.


20.Maka tampilan telah masuk ke android , lalu pilih saja launcher3.


21.Maka tampilan akan berpindah keinterface andriodx86






Begitu lah cara menginstall sistem operasi mobile android x86 pada virtual box , semoga penjelasan tentang sistem operasi mobile dan tutorial ini dapat membantu anda memahami apa itu sistem operasi mobile. Sekian dan terima kasih.!




Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel