Manajemen Pengadaan Proyek



Manajemen pengadaan proyek adalah memproleh barang atau jasa dari pihak luar untuk memproleh barang ataupun jasa dari luar atau pun organisasi . Manajemen pengadaan sendiri adalah proses proses yang dilakukan untuk emndapatkan barang atau jasa untuk bisa dibutuhkan dari sebuah proyek dari luar organisasi dan yang didukung nya.

Tahapan untuk  Manajemen Pengadaan ada 6 , diantaranya adalah :
1.Perencanaan pembelanjaan dan pengadaan
Maksud dari tahapan ini yaitu menentukan apa yang dibutuhkan , kapan dibutuhkan dan bagaimana proses untuk melakukan pengadaannya. Dalam melakukan perencanaan ini anda arus memutuskan apa yang bisa diambil dari luar , tipe kontrak dan menggambarkan kerja apa yan harus dilakukan distributor kelaknya

2.Perencanaan kontrak untuk melakukan kerja sama
Tahapan ini menggambarkan kebutuhan produk atau sevis agar bisa diperlukan dan digambarkan dalam RFP , kriteria evaluasi dan SOW.

3.Permintaan respon dari ditributor
Tahapan ini paling penting dalam pengadaan , karen aporses ini lah anda bisa mendapatkan informasi , tanggapan dan penwaran atau proposal apa yang bisa dijual.

4.Memilih distributor
Setelah melakukan dan mencari informasi mengenai distribut , selanjutnya adalah memilih distributor yang tepat. Proses memilih supiler ini yang paling potensial melalu proses analisi adalah sipiler potensia; dan negosisasi.

5.Administrasi dan melakukan kontrak kerja sama
Selanjutnya anda harus menadministrasi dan melakukan kontrak kerja sama agar perjanjian dan kesepakatan bisa sesuai dengan pemikiran bersama.

6.Penutupan Kontral
Setelah melakukan pengadaan dan lain lain , tutplah kontrak jika hasil sudah keluar. dan evaluasi dengan membuat rencana pengadaan , alat dan teknik serta rencaman manajemen pengadaan.

Selain ada manajemen pengadaan ada namanya proposal dan kontrak . Apa itu proposal dan kontrak?

Proposal adalah suatu rancangan kegiatan yang akan berlangsung dalam bentuk tilisann dengan sistemati dan terperinci, proposal dibuat untuk mendapatkan persetujuan pihak lain , bisa juga untuk membuat permohonan untuk meminta bantuan yang nanti nya akan ada kerja sama dari pihak anda dan pihak yang anda ajukan proposal tersebut.

Contoh nya saat anda melakukan kegiatan acara buka bersama di sekolah anda , Tetapi dana untuk membuat acara tersebut masih kurang .Anda bisa membuat proposal untuk diajukan ke sponsor seperti teh sosro agar kalian mendapatkan bantuan biaya dalam melaksanakan acara anda . Tetapi ingat , jika anda membuat proposal biasa nya ada kesepakatan juga seperti teh sosro bisa membuka stan pada acara anda tersebut.

Selanjutnya itu adalah kontrak , Apa itu kontrak ? Kontrak adalah sesuatu perjanjian atau kesepakatan dimana ada dua orang lebih yang saling berjanji untuk melakukan atau tidak melakukan suatu perbuatan tertentu yang telah disepakati bersama.Untuk melakukan kontrak ini anda bisa melakukannya dengan secara tertulis ,dimana nantinya ada tanda tangan dari kedua pihak agar memang diketahui kontrak yang telah disepakatai memang benar benar atas keinginan bersama.

Contoh kontrak ini seperti melakukan kontrak perjanjian untuk menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang telah dijanjikan . Kesepakatan ini biasanya sangat sering dilakukan oleh perusahaan besar agar proyek yang dilakukan mereka berjalan dengan lancar dan penyelsaian proyek emang benar benar selesai denga waktunya . Jika kesepaktan bersama nya jika proyek tidak selesai pada waktunya , maka bisa saja gaji dari karyawan karyawan akan di kurangi untuk mengganti rugi atas kesepakatan.

Seperti itulah mengenai manajaemen pengadaan pada proyek , jika postingan ini membantu anda jangan lupa untuk dishare agar teman teman anda juga mendapatkan manfaat dari postingan ini . Sekan dan terima kasih.


Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel