Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)

Sebagian orang pasti sudah mengetahui apa itu pengertian dari HAKI ( Hak Kekayaan Intelektual ), pengertian dari Hak kekayaan intelektual adalah hak ekslusif yang diberikan kepada seseorang dalam sebuah suatu peraturan dimana peraturan tersebut mengenai tentang atas karya hak ciptanya.



Hak cipta itu bisa terbagi banyak , misalnya dari hak cipta paten atau pun hak merk. Namun jika anda rincikan kembali Hak kekayaan intelektual (HAKI) ini adalah merupakan bagian dari benda , dimana benda tersebut dalam bentul yang tidak berwujud( benda imatteriil).

Tetapi kalian pasti bertanya tanya . kenapa sih hak kekayaan intelektual ni harus dilindungi ? Yahhh ,  ini karena kekayaan intelektual itu merupakan sebuah karya yang dibuat oleh seseorang atau perkelompok agar ttidak diklaim oleh orang seseorang yang tidak berintelektual. Contoh nya seperti anda membuat tulisan dari artikel untuk blogger , jika ada orang yang mengambil atau mengcopy paste tulisan anda , tentu nya kalian  pasti marah kan ? haaa itulah disebut dengan pengambilan hak cipta seseorang.

Maka dari itulah sebuah karya itu harus dilindungi dan diakui secara hukum .Bicara mengenai hukum , negara kita sendiri yaitu negara Indonesia juga membuat hukum untuk HAKI ini , tentunya hukum yang dibuat ini , agar orang orang diluar sana memang harus berhati hati saat mengambil sesuatu yang dimiliki orang lain atau ada pemilik hak ciptanya.

Hukum yang mengenai hak cipta tersebut adalah : 
1.UU HAKI(Undang undang Hak Cipta) yang sudah disahkan dengan nomor 19 tahun 2002 yang diberlakukan mulai tanggal 29 juli 2003 didalamnya diantaranya mengatur hak cipta. 

Obyek bidang HAKI yang dikenal dinegara kita itu adalah sesuatu yang menyangkut pada karya karya sesorang yang lahir akibat kemampuan intelektual HAKI dibagi menjadi :
1. Hak Cipta
Hak cipta adalah hak ekslusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaanya atau memberi izin dengan tidak mengurangi pembatasan pembatasan menurut peraturan undangan undangan yang berlaku.

2. Hak kekayaan industri
Kalau ini merupakan desain industri yang pengertiannya suatu kreasi tentang bentuk atau konfigurasi dari beberapa bentuk seperti gasris atau warna atau merupakan gabungan dari keduanya yang berbentuk tiga dimensi dan dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu proyek,barang dan kerjainan tangan ataupun lainnya.

3. Hak paten
Berbeda dengan dua sebelumnya yang saya jelaskan , kalau hak paten ini adalah hak yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya dibidang teknologi , yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri investasinya tersebut kepada pihak lain untuk melaksanakannya.

4. Hak merek
Yang terakhir adalah suatu tanda yang berupa gambar,nama,kata,huruf huruf , angka angka , susunan warna atau kombinasi dari semuanya yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang ataupun jasa.

Mungkin itu saja mengenai hak kekayaan intelektual ini , jika anda kurang mengerti anda bisa membaca kembali dari awal dan akhir . Jika menurut anda postingan ini bermafaat , silahkan anda share keteman teman anda agar mereka juga mendapatkan manfaat dari postingan saya ini.

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel