Penjadwalan Proses Sistem Operasi


Jika postingan kemarin adalah mengenai manajemen proses pada sistem operasi , maka pada kali ini kita akan membahas dengan signifikan yang tedapat dimanajemen proses yaitu diantaranya adalah penjadwalan proses sistem operasi.Jika kalian belum mengerti tentang manajemen proses anda bisa membaca dipostingan saya sebelumnya yaitu Manajemen Proses Sistem operasi.

Apa itu penjadwalan proses sistem operasi ?
Penjadwalan proses sistem operasi ini adalah  kumupulan atau mekanisme pekerjaan yang berkaitan dengan sistem operasi yang berkaitan dengan urutan kerja yang dilakukan pada sistem komputer .
Pendjadwalan sistem proses ini sangat penting , ini dikarenakan dengan adanya penjadwalan pekerjaan dari sistem operasi bekerja dengan sesuai urutan kerjanya . Yaaa seperti manusia lah , jika kita bekerja sesuai dengan urutan pekerjaan kita , maka pekerjaan akan terasa lancar dan tertata.

Penjadwalan proses ini bertugas dan memutukan hal hal berikut :
1,Proses yang berjalan
2.Kapan dan berapa lama proses akan berjalan.


Sasaran Penjadwalan Proses Sistem Operasi
Jika ada penjadwalan proses maka pasti ada sasaran penjadwalan proses yang dilakukan .Sasaran utama pada penjadwalan proses ini adalah untuk mengoptimasi kinerja sistem komputer sesuai dengan kriteria tertentu . Kriteria ini biasanya untuk mengukur dan mengoptimasi kinerja penjadwalan proses . Tapi apa kinerja yang dilakukan ? Kinerja penjadwalan proses tersebut adalah sebagai berikut :

1.Adil
Maksud dari kinerja adil ini adalah memperlaukan semua kinerja dengan sama yaitu mendapat jatah waktu untuk mendapatkan layanan pemrosesan yang sama dan tidak akan ada proses yang tidak kebagian layanan pemrosesan kinerjanya.

2.Efisiensi
Efisiensi ini melakukan kinerja pemrosesan agar dihitung lembali dengan perbandingan waktu sibuk proses dengan total waktu operasi sistem komputer secara keseluruhan

3.Waktu Tanggap
 Kalau waktu tanggap digunakan untuk sebagai berikut:
-Sistem Interaktif
Sistem ini untuk menghabiskan waktu saat karakter terakhir dari yang diperintahkan yang masukkan oleh program atau transaksi sampai hasil pertamanya akan muncul di perangkat masukan dan keluaran seperti layar pada komputer.

-Sistem waktu nyata
kalau untuk sistem waktu nyata , waktu tanggap ini didefinisikan sebagai  waktu dari kemunculan dari suatu kejadian sampai intruksi pertama yang dimasukkan akan menerima layanan terhadapan kejadian yang diesekusi.

4.Turn arround Time
Kalau turn arround time waktu yang dihabiskan dari saat proses atau job mulai masuk ke sistem sampai proses itu diselesaikan sistem.

5.Troughput
Troghput adalah jumlah kerja yang bisa diselesaikan selama satu selang atau satu unit waktu.

Tipe tipe pendjadwalan 
Tipe tipe penjadwalan ini terbagi dengan 3 jadwal yang secara kerjanya bersama sama pada sistem operasi yang komplek . 3 tipe jadwal itu adalah antara lain :
- Penjadwal jangka pendek (short-term scheduller)
- Penjadwal jangka menengah (medium-term scheduller)
-Penjadwal jangan panjang (long-term scheduller).

Strategi pada penjadwalan
Strateginya terbagi dengan 2 antaralain yaitu :
-Penjadwalan nonpreemptive yaitu proses yang diberi jatah layanan untuk memeroses maka pemroses tidak dapat diambil alih oleh psoses lain sampai proses yang dikerjakannya selsesai.

-Penjadwalan preemptive yaitu proses diberi jatah untuk layana pemroses maka pemroses nya itu daoat diambil alih proses lain yang mempunyai prioritas yang lebih tinggi .

Algorita algorima penjadwalan proses
Algoritma penjadwalan proses terbagi atas 8 yaitu :
1.Penjadwalan round-robin
2.Penjadwalan FIFO
3.Penjadwalan Berprioritas
4.Penjadwalan yang terpendek yang lebih dahulu
5.Penjadwalan dengan banyak antrian
6.Penjadwalan dengan sisa waktu terpendek, lebih dahulu
7.Penjadwalan rasio tanggapan tertinggi ,lebih dahulu
8. Penjadwalan terjamin

Itulah pembahasan tentang penjadwalan proses , semoga bermenfaat postingan saya ini dan terima kasih sudah berkunjung.

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel