Manajemen Proses Sistem Operasi



Didalam sistem operasi ada yang namanya manajemen proses . Manajemen proses ini sangat penting dalam suatu proses . Contohnya dalam sistem opeasu memiliki sebuah mekanisme untuk melindungi processor dari bebagai macam program berjalan .Bayangkan jika ada sebuauh proses mengalami ifinite loop. Tentu saja processor akan bekerja keras dan terus menerus program itu menghambat proses kainnya yang akan diesekusi oleh prosessor.Maka oleh itu sudah dipastikan akan mengurangi kinerja dari kamputer . Maka sebab itu adanyalah manajemen proses ini untuk memastikan proses yang berjalan , akan berjalan dengan berurut sistem kerjanya.

Untuk itu kita harus mengetahui apa pengertian manajemen proses ini dan didalam nya ada apa apa saja :

Pengertian Manajemen Proses
Manajemen proses adalah konsep pokok yang ada dalam sistem operasi untuk mengatasi masalah utama dalam perancangan sistem operasi. Sedangkan proses adalah program yang sedang berjalan atau yang sedang diesekusi . Proses ini bisa didefinisikan sebagai kerja yang secara individu i yang memiliki sumber daya dan dijadwalkan kerja nya disistem operasi. Proses ini berisi dengan intruksi , data , program counter, stack data , alat pengiriman , register pemroses dan variabel pendukung lainnya.

Sistem oper asi memilik tanggung jawab atas aktivitas aktivitas yang berkaitan dengan manajemen proses , seperti :
1.Membuat dan menghapus proses pengguna dan sistem proses.
Dalam hal ini sistem operasi bertugas untuk mengalokasikan sumber daya agar saat kerja nya selsesai maka kinerja proses tersebut dapat digunakan untuk proses kinerja lainnya.

2.Menunda dan melanjutkan Proses
Sistem operasi akan memproses apa yang sedang diesekusi terlebih dahulu berdasrkan jadwal atau prioritas dari proses proses kinerja yang ada.  Apa bila ada banyak proses yang akan dijalankan , misalnya setelah proses esekusi yang sedang dijalankan , ada 2 atau banyak yang sedang mengantri untuk dijalankan , maka sistem operasi akan mendahulukan kerja proses yang memiliki prioritas yang paling besar.

3.Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi.
Sistem operasi akan mengatur jadwal jalannya beberapa proses yang akan diesekusi bersamaan karena tujuannya agar dapat menghindarkan terjadinya inkonsistensi data karena  pengaksesan yang sama , dan untuk mengatur urutan jalannya proses agar kinerja yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

3.Menyediakan mekanisme untuk proses komunikasi.
Sistem operasi menyediakan untuk mekanisme agar proses dapat saling berkomunikasi .Contoh kinerja sumberdaya antar proses antara satu sama lain tidak meyebabkan terganggunya kinerja proses lainnya.

4.Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock.
 Deadlock maksudnya dimana keadaan sistem terhenti karena setiap kinerja proses pada sumber datya tidak bia dibagi atau menunggu kinerjanya diesekusi .Maka sistem operasi arus bisa  menghindari dan mendeteksi deadlock.

Operasi operasi yang ada pada sistem operasi :
1New
New adalah proses yang sedang dikerjakan

2.Running
Running adalah intruksi yang sedang dikerjakan atau diesekusi.

3.Waiting
Waiting adalah dimana proses harus menunggu sejumlah kejadian untuk sebuah penyelesai input dan output.

4.Ready
Ready adalah proses sedang menunggu untuk ditugaskan pada sebuah processor.

6.Terminated
Terminated adalah proses yang telah selesai melaksanakan tugasnya atau telah selesai mengesekusi.

Proses operasi pada sistem operasi :
1.Penciptaan proses
2.Penghancuran proses
3.Penundaan proses.
4.Pelanjutan kembali proses.
5.Pengubahan prioritas proses.
6.Memblock proses.
7.Membangunkan Proses.
8.Mendjadwalkan Proses.
9.Memungkinkan proses berkomunikasi dengan proses lain.

Itutalah manajemen proses pada sistem operasi . semoga dengan membaca postingan ini anda sudah mengerti manajemen proses pada sistem operasi .


Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel