Manajemen Komunikasi



Pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai manajemen komunikasi . manajemen komunikasi proyek adalah kompetensi yang harus dimiliki manajer proyek dengan tujuan utama adalah agar adanya jaminan saat melakukan pekerjaan proyek . Melakukan proyek penepatan waktu saat pengumpulan , dibagikan , dan diatur harus sesusai dengan aturan oleh karena itu dalam melakukan manajemen proyek harus adanya komunikasi yang sangat baik.

Tahapan manjemen komunikasi:
1.Perencanaan komunikasi (Communication Planning )
Mendefinisikan kebutuhan komunikasi dan informasi diantara stakholder pada sebuah proyek.Perencanaan komunikasi ini merupakan proses yang sanhat penting dalam proyek , ini dikarenakan karena mengingat seringnya kegagalan saat melakukan proyekl terkait karena gagal nya melakukan komunikasi yang baik pada karyawan.Saat melakukan perencanaan komunikasi ini , ada namanya manajemen komunikasi yang artinya dokumen yang berisi arahan dan tujuan cara berkomunikasi dalam suatu proyek.

2.Distribusi Informasi
Proses yang dilakuakn yang berguna untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan informasi pada waktu yang tepat bagi setiap stakeholder.Selain itu dilakukan mengingat pentingnya mendapatkan informasi proyek bagi orang yang tepat , pada waktu yang tepat dengan format pada informasi.

Manajer proyek bertanggung jawab atas tim proyeknya untuk memutuskan cara distribusi apa untuk memajukan proyek yang dibuat agar sesuai dengan hasil atau target yang maksimal.Isu penting dakam distribusi informasi adalah:
- Cara formal atau informal
-Penanganan informasi yang sangat penting agar dapat didistribusikan dengan efektif dan tepat
waktu.
-Teknik menyampaikan berita yang buruj.
-Pengatur jumlah jalur komunikasi.
-Memilih media yang cocok untuk berkomunikasi.dll

3.Pelapor pekerja
Proses yang mengumpulkan dan menyebarkan informasi kinerja proyek, termasuk didalamnya status reports , progress measurements , dan peramaian. Maka dalam pelapor kerja ada namanya performance report yang informasi terkandung didalamnya adalah :
-status repost, yang berisi tentang sejauh mana proyek yang telah dikerjakan dalam kerangka ruang lingkup,waktu dan biaya.
-Progress repost yang menggambarkan sejauh mana tim proyek yang bekerja sudah menyelsaikan pekerjaanya .
-Peramalan , peramalan ini berisi tentang gambaran kecendrungan proyek akan berhasil atau tidak kedeepannya . Permalan ini bisa dilihat bersasarkan proyek yang  dikerjakan sudah sesuai atau tidak dengan kesepakatan dengan client.Jika tidak sesuai anda bisa menentukan ramalan bawah hasil dari proyek anda tidak dapat selesai dengan kesepakatan dan begitu juga sebalinya.


4.Mengelola stakeholders
Proses mengelola komunikasi untuk memenuhi kebutuhan dan menjamin harapat stakeholder dan penyelasaian isu isu yang terjadi.Untuk melakukan manejemen komunikasi yang baik pada bidang proyek IT , anda bisa melakukan ini :
- Gunakan keterampilan berkomunikasi
-Gunakan email agar lebih efektif
-Lakukan juga raoat agar efektif .
-Bangun instriktur komunikasi.
-Selalu berusaha mengambarkan komunkasi yang baik.
-Gunakan lah template dalam komunikasi proyek yang baik.

Mungkin itu saja mengenai manajemen komunikasi , dalam melakukan manajemen proyek anda harus mengatur komunikasi yang baik dengan karyawan atau siapa saja . Karena komunikasi adalah kunci kesuksesan jika ingin proyek yang anda buat berjalan dengan lancar.

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel