Manajemen Waktu Proyek



Waktu proyek amerupakan salah satu atribut proyek yang   aytibut yang sanagat penting .Kegagalan dalam mengelola waktu berdampak pada penyelesaian waktu pada proyek yang  dibuat Atau lebih umumnya manajemen proyek adalah tahapan mendefenisikan proses proses yang terjadi proyek untuk mendapatkan proyek yang berjalan tepat waktu dengan tetap memperhatikan keterbatasan biaya seta menjaga kualitas produk proyek.Penyele proyek yang tidak tepat waktu , tentunya akan beradampak pada membengkaknya berbagai sumber daya proyek , khusus pada biaya .

Alasan karena waktu proyek itu penting adalah karena waktu merupakan besaran yang paling tidak fleksibel , waktu akan berlalu apapun yang terjadi pada proyek . Oleh karena itu bagi manajer proyek penyerah hasil tepat pada waktu nya merupakan tantangan yang paling besar. Manajer proyek harus bisa mengontrol apa saja kegiatan pada proyek , karena dengan melakukan itu proyek akan berjalan dengan lancar dan akan sesuai dengan yang diinginkan.

Tahapan pada manajemen waktu proyek :

1.Mendefinisikan aktifitas berdasarkan WBS
Haruslah mendefinisikan aktifitas dengan spesifik  karena dengan itu aktifitas yang akan dilakukan akan sesuai untuk memproduksi.

2.Pengurutan Aktifitas
Identifikasi dan mendokumentasikan keterkaitan aktifitas dengan aktifat lain.

3.Estimasi kebutuhan aktifitas
Estimasi jumlah dan jenis sumber daya yang untuk melaksanakan aktifitas sesuai dengan jadwal.

4.Estimasi waktu proyek
Estimasi semua kegiatan dan perioda agar pekerjaan dapat diselesaikan dari setiap aktifitas.

5.Membangun jadwal
Menganalisi urutasn aktifitas,waktu penyelesaian , sumber daya apa yang akan digunakan, sampai tantangan pemenuhan jadwal sampai terbentuknya jadwal pelaksanaan agar proye. Ini dilakukan agar jadwal sudah tersusun rapi sehinggan aktifitas proyek sudah memiliki jadwal nya masing masing.

6.Mengendalikan Jadwal
Jadwal bisa saja berubah , kerena bisa saja terjadi masalah pada proyek sehingga dibutuhkan perubahan jadwal .  Sehingga manajer proyek harus bisa mengendalikan perubahan jadwal.

Agar perubahan jadwal tidak terjadi bisa dilakukan dengan 3 ini :
1.Lakukan lah permeriksaan jadwal dengan secara teratur.
2.Jangan berfikir setiap orang pekerja bisa melakukan pekerjaannya dengan kapasitas 100%.
3.Lakukanlah rapat dan nyatakan kemajuan proyek dengan stakeholders dan nyatakanlah kemanjuan proyek dengan jelas dan jujur dalam mengkomunikasikan isu isu yang berkaitan dengan jadwal.Karena dengan itu Pekerja bisa memasang target penyelesaian nya dan berusaha semaksimal mungkin

Didalam manajemen waktu proyek ada yang dinamakan jalur kritis , jalur kritis ini adalah jalur yang menunjukan kritisan kegiatan proyek dari awal hingga akhir dengan diagram network.Jalur kritis ini juga adalah waktu yang terlama atau bisa di maksudkan jika pada jumlah lama waktu itu proyek belum selesai dikerjakan maka proyek di cap sebagai proyek yang tidak menyelsaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

 Faktor faktor yang menghambat manajemen waktu proyek :
1.Faktor material
2.faktor perencanaan
3.Faktor desain
4.Faktor pelaksanaan dan hubungan pekerja
5.Faktor kondisi contoh nya terjadi nya faktor pada keadaan pada lapangan
6.Faktor yang diluar kemampuan pada kontraktor

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel