Manajemen Biaya Proyek


Biaya adalah sumber daya yang digunakan untuk mencapai suatu sasaran yang bersifat khusus atau sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan dengan mendapat sebagai gantinya.Biaya ini biasanya diukur dari rupiah , dollar , ringgit atau mata uang lainnya .Manajemen biaya proyek adalah suatu proyek yang di kerjakan yang dipastikan bahwa proyek tersebut dapat diselesaikan dengan anggaran yang telah disepakati. Biaya proyek biasanya akan di batasi karena biaya proyek uang nya bukan lah sedikit tentu harus di perkirakan , dianggarkan dan diawasi penggunannya . 

Dalam melakukan proyek , ada proses proses yang dilakukan dalam menajemen waktu proyek , yaitu:
1.Perencanaan sumber daya 
Sumber daya yang digunakan oleh proyek harus di hitung apa saja yang akan digunakan dan harus dihitung anggaranya.

2.Estimasi biaya 
Estimasi biaya ini yaitu melakukan penghitungan perkiraan biaya biaya yang akan digunakan untuk menyelesaikan proyek.

3.Penganggaran biaya 
Membuat suatu alokasi perkiraan biaya secara menyeluruh lalu dimasukkan ke dalam rincian pekerjaan agar menjadi ukuran kinerja proyek.

4.Pengendalian biaya
Pengendalian biaya ini sangat penting , karena proyek harus siap terhadap perubahan perubahan anggaran untuk melakukan kegiatan proyek berikutnya.

Masalah yang biasa terjadi pada estimasi biaya :

1. Banyak orang yang melakukan estimasi biaya ini tetapi hanya memiliki sedikit pengalaman . Untuk mencegah itu , maka harus perlu dilakukan pelatihan atau bimbingan penyusunan anggaran.

2.Banyak ofrang yang meremehka kegiatan estimasi ini . Sebenarnya urusan yang dengan uang maka akan sensitif , kekurangan 0 atau kelebihan 0 saja sudah merubah harga . Sehingga banyak orang yang melakukan estimasi biaya , biasanya banyak perkiraan yang menyimpang . Penyimpangan ini dapat dihindari dengan melakukan review, tinjauan , presentasi anggaran biaya maka anggaran akan lebih diketahui dan akan dapat mendiskusikan apakah biaya menyimpang atau tidak.

3.Menyusun estimiasi pada suatu proyek yang sangat besar adalah tugas yang sangat berat dan komplek dimana estimasi harus dilakukan pada berbagai langkah langkah atau lebih mengetahi aktifitas pekerjaan dalam proyek

Istilah dalah manajemen biaya ada 2 yaitu :
1. Bayar langsung
Biaya ini dilakukan membayar secara langsung , tentu bayar langsung ini harus dari kesepakatan pembuatan proyek juga . Dan untung nya memakai bayar langsung maka dapat ditelusuri secara tepat.Misalnya gaji karyawan proyek , pembelian barang proyek dan lain lain.

2.Bayar tidak langsung
Biaya ini juga terkait dengan suatu proyek dan tentu juga atas kesepakatan bersama . Tetapi memakai bayar tidak langsung maka tidak dapat ditelusuri secara tepat.Misalnya tagihan listrik perusahaan , biaya sewa kantor untuk kegiatan perusahaan dari berbagai proyek.

Kelompok pembiyaan :
1.Pembiyaan tenaga kerja
2.Pembiyaan alat dan bahan proyek 
3.Biaya penyewa alat

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel