Cara instalasi Windows OS


Saat melakukan instalasi sistem operasi dianjurkan untuk melihat sistem spesifikasi pada komputer sebelumnya.sistem spesifikasi pada komputer biasanya ada yang 32 bit dan 64 bit.Spesifikasi komuter yang 64 bit memiliki beberapa kali lipat dari spesifikasi yang 32 bit.Sistem hardware harus disesuaikan dengan sistem software installer windows.Contoh nya jika windows 8.1 64 bit maka hardware harus juga 64 bit.
Saat melakukan instalasi sistem operasi umumnya harus memiliki spesifikasi minimal hardware komputer untuk memastikan instalasi berjalan lancar dan sukses .Standar minimum spesifikasi komputer untuk menginstalasi windows 8.1 adalah:


  • Memori Ram 2 GB (32 bit) dan 4 GB (64 Bit)
  • Processor kecepatan 2 Gigahertz(GHz) atau bisa juga yang lebih tinggi.
  • Hardisk 30 GB (32 Bit) dan 40 GB (64 Bit) atau lebih besar
  • Graphisc car (Display):Microsoft DirectX9 graphics device dengan WDDM driver atau lebih tinggi lebih baik
  • Memori Graphics (Display) 512MB atau tinggi lebih baik
1.Diatas adalah Tampilan pertama saat setup Windows 8.1 ,dapat dilihat diatas ada 3 pilihan yang berguna untuk mengatur language, time and currency, dan keyboard .Saat di tampilan ini pengguna bisa mengatur pilihan sesusai yang pengguna inginkan. Lalu, jika sudah mengatur nya makan next kan agar menuju halaman selanjutnya.

2.Saat pengguna mengklik next pada halaman selanjutnya ,maka halaman akan pindah ke halaman seperti di atas ,di halaman ini pengguna hanya disuruh untuk mengklik install now ,agar windows 8.1 dapat di install.

3.Setelah pengguna mengklik Install now di halaman sebelumnya,selanjutnya pengguna akan di tampilkan seperti tampilan diatas. Di tampilan ini pengguna diperintahkan untuk memasukkan SN(Serial Number) . Pengguna dapat mencari serial number ini di internet tetapi harus sesuai dengan sistem operasi yang digunakan yaitu windows 8.1. Setelah pengguna memasukkan Serial Number pada kolom isi diatas maka klik next kembali agar dapat melanjutkan ke halaman selanjutnya.


4.Setelah mengklik next,maka halaman akan berpindah ke halaman seperti di atas.Halaman ini pengguna hanya perlu mengklik kolom kosong disamping I accept the license terms,sampai keluar yang bentuknya ceklis.Selanjutnya,pengguna harus mengklik next kembali.



5.Setelah mengklik next maka Selanjutnya pengguna akan ditampilkan ke halaman seperti diatas ,halaman ini pengguna hanya disuruh untuk  memilih.pililah lah yang diurut nomor 2 ,yaitu custom:install windows only(advanced) ,lalu klik lah 2x pada  pilihan tersebut pada agar dapat berpindah ke halaman selanjutnya.

6.Halaman selanjutnya yaitu seperti diatas ,dihalaman ini pengguna harus memngklik yang ada ditable yaitu Drive 0 Unallocated Space ,jika bacaan next dibawah halaman ini sudah bewarna atau sudah bias diklik maka pengguna dapat mengklik next untuk berpindah ke halaman selanjutnya.


7.Lalu,halaman selanjutnya seperti gambar diatas .Pengguna hanya disuruh untuk menunggu sampai prosesnya selesai.Jika,sudah selesai maka halaman akan berpindah ke halaman selanjutnya.

8.Halaman Selanjutnya dapat dilihat gambar diatas ,halaman ini Windows melakukan restart untuk melanjutkan.pengguna harus menunggu dan akan berpindah ke halaman selanjutnya.

 9.Lalu halaman akan berpindah seperti halaman di atas ,halaman ini windows melakukan restart dan pengguna di suruh menunggu ,sampai halaman berpindah ke halaman selanjutnya.


10.Setelah melakukan restart ,maka halaman selanjutnya akan berpindah kehalaman seperti diatas.Di halaman ini pengguna dapat memilih warna kesukaan untuk warna background nya nanti .dan ada juga kolom yang harus diisi .perintah nya memasukan nama PC,maka pengguna harus mengetikkan nama PC nya di kolom tersebut.Jika sudah selesai,maka pengguna dapat mengklik next kembali.


11.Lalu,jalaman akan berpindah ke halam seperti diatas .Maka , akan diperlihatkan 2 pilihan yaitu ada Use express settings dan customize. Selanjutnya,pengguna diharuskan mengklik Customize,dan halama akan berpindah ke halaman selanjutnya.




12.Tampilan selanjutnya seperti diatas,tampilan ini penggna disuruh menunggu ,karena checking your internet connection.Jika sudah selesai maka akan berpindah ke halaman selanjutnya.

13.Halaman selanjutnya yang akan keluar adalah seperti diatas ,dan pengguna disuruh memilih 2 pilihan Yes atau No.Maka pengguna di haruskan memillih Yes ,lalu mengkilk 2x pada kolom yes tersebut.Maka halaman akan berpindah.

14.Tampilan selanjutnya seperti diatas,ada banyak kolom yaitu ada on ,windows update dan lain lain .Tetapi pengguna hanya harus mengklik next agar berpindah halaman.

15.Halaman selanjutnya,kurang lebih hampir sama ada kolom on dan of dan juga pengguna hanya haruskan mengklik next agar berpindah halaman.


16.Setelah dinextkan ,maka akan menampilkan halaman seperti diatas.Pengguna hanya harus menunggu sampai halaman selanjutnya ditampilkan.

17.Maka tampilan selanjutnyanseperti diatas ,dihalaman ini diperintahkan untuk memasukkan email Microsoft account dan password .Jika belum ada maka klik create a new agar dapat membuat akun .

18.Setelah pengguna memasukan nama dan password ,maka halaman selanjutnya seperti diatas yaitu menunggu proses finalizing sampai selesai.

19.Lalu setelah menunggu beberapa menit,maka instalasi windows 8.1 sudah selesai.Maka  pengguna dapat menggunakan windows 8.1 .

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel